PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

AMANDA SAMSI AZKIA PERMATA, 125020031 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.1 Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.2. ABSTRACT.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB III.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan di SMK Pasundan 1 Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil pre-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam mata pelajaran dasar-dasar perbankan. 2). Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil post-test pada kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ceramah dalam mata pelajaran dasar-dasar perbankan. 3). Untuk mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran problem based learing dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ceramah dalam mata pelajaran dasar-dasar perbankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain quasi eksperimen yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil post-test yang berbentuk uraian. Hasil penelitian dari hasil postest ini menunjukan perbedaan prestasi belajar sebesar 90,60 untuk kelas eksperimen dan 77,75 untuk kelas kontrol. Dari perhitungan diatas didapatkan t hitung= 9,123. Sehingga bila dimasukan pada rumus hipotesis t hitung>t tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar siswa antara kelas X AK 2 yang menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas X AK 1 yang menggunakan model pembelajaran ceramah. Dari hasil penelitian merekomendasikan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran dasar-dasar perbankan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Krits Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:40
Last Modified: 18 Oct 2017 06:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30983

Actions (login required)

View Item View Item