TIARA SHOFA NASTARINE, 135060197 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas IV Semester 2 SDN CIBADAK 1 Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.indonesia.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.inggris.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.sunda.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (464kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap percaya diri, peduli, dan tanggung jawab siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Kayanya Negeriku subtema Pemanfaatan Kekayaan alam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Cibadak, sebanyak 28 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap percaya diri, masih kurang. Pada siklus II kecenderungan sikap siswa adanya peningkatan. Pada siklus III kecenderungan sikap siswa banyak peningkatan dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 12 orang atau sebesar 43% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang siswa atau sebesar 57%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 64% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang siswa atau sebesar 36%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 25 orang atau sebesar 90% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 3 orang siswa atau sebesar 10%. Sikap percaya diri siswa pada siklus I mendapat nilai 46%, Pada siklus II meningkat menjadi 64%, padasiklus III menjadi 90%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa hanya mendapatkan nilai 57 %. Pada siklus II keterampilan siswa meningkat menjadi 78%, Pada siklus III keterampilan siswa cenderung mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya menjadi 90%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Kayanya Negeriku subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Indonesia Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 06:31 |
Last Modified: | 18 Oct 2017 06:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30978 |
Actions (login required)
View Item |