PENERAPAN METODE ROLE PLAYING (BERIMAIN PERAN) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR SUBTEMA 2 PERUBAHAN WUJUD BENDA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Negeri Pamoyanan Kab. Bandung)

Nina Aprillasari, 135060047 (2017) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING (BERIMAIN PERAN) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR SUBTEMA 2 PERUBAHAN WUJUD BENDA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Negeri Pamoyanan Kab. Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN TERBARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, rata-rata hasil belajar siswa pada tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 2 perubahan wujud benda belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 2 perubahan wujud benda di kelas V SDN Pamoyanan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari tiga pembelajaran dengan menerapkan metode Role Playing dengan model Discovery Learning. Adapun, tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh di lapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 2 perubahan wujud benda. Dengan demikian metode Role Playing dengan model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang diterapkan guru pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Role Playing, Discovery Learning, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:02
Last Modified: 18 Oct 2017 06:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30961

Actions (login required)

View Item View Item