PENERAPAN MODEL MULTILITERASI INVESTIGASI UNTUK MENUMBUHKAN RASA INGIN TAHU DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar Di Kelas V SDN 2 Jayagiri Lembang)

YUDISTIRA SOLIHIN, 135060291 (2017) PENERAPAN MODEL MULTILITERASI INVESTIGASI UNTUK MENUMBUHKAN RASA INGIN TAHU DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar Di Kelas V SDN 2 Jayagiri Lembang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak fix.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (871kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 3 manusia dan lingkungan di kelas V SDN 2 Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Multiliterasi Investigasi pada pembelajaran tematik tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 3 manusia dan lingkungan di kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Jayagiri sebanyak 31 orang siswa. Objek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 3 manusia dan lingkungan dengan menggunakan model Multiliterasi Investigasi. Pelaksanaan PTK ini dilakukan sebanyak 2 siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan, pada tiap siklus dilakukan observasi untuk mengetahui peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pada siklus I rata-rata nilai rasa ingin tahu yang didapat siswa sebesar 1,96 dengan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 55% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas mencapai 45%. Lalu jumlah rata-rata skor hasil belajar yang didapat siswa 72,74 dengan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 55% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas mencapai 45%. Selanjutnya pada siklus II rata-rata nilai rasa ingin tahu yang didapat siswa sangat meningkat menjadi sebesar 2,94 dengan persentase ketuntasan siswa 93% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas hanya mencapai 7%. Lalu jumlah rata-rata skor hasil belajar yang didapat siswa 76,93 dengan persentase ketuntasan siswa sangat meningkat mencapai 83% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas hanya mencapai 17%. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa penerapan model Multiliterasi Investigasi dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 1 Benda-benda di lingkungan sekitar subtema 3 Manusia dan lingkungan di kelas V SDN 2 Jayagiri Lembang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Kata Kunci: Model Pembelajaran Multiliterasi Investigasi, Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 05:04
Last Modified: 18 Oct 2017 05:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30960

Actions (login required)

View Item View Item