YUDISTIRA SOLIHIN, 135060291 (2017) PENERAPAN MODEL MULTILITERASI INVESTIGASI UNTUK MENUMBUHKAN RASA INGIN TAHU DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar Di Kelas V SDN 2 Jayagiri Lembang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak fix.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (871kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 3 manusia dan lingkungan di kelas V SDN 2 Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Multiliterasi Investigasi pada pembelajaran tematik tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 3 manusia dan lingkungan di kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Jayagiri sebanyak 31 orang siswa. Objek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 3 manusia dan lingkungan dengan menggunakan model Multiliterasi Investigasi. Pelaksanaan PTK ini dilakukan sebanyak 2 siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan, pada tiap siklus dilakukan observasi untuk mengetahui peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pada siklus I rata-rata nilai rasa ingin tahu yang didapat siswa sebesar 1,96 dengan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 55% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas mencapai 45%. Lalu jumlah rata-rata skor hasil belajar yang didapat siswa 72,74 dengan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 55% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas mencapai 45%. Selanjutnya pada siklus II rata-rata nilai rasa ingin tahu yang didapat siswa sangat meningkat menjadi sebesar 2,94 dengan persentase ketuntasan siswa 93% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas hanya mencapai 7%. Lalu jumlah rata-rata skor hasil belajar yang didapat siswa 76,93 dengan persentase ketuntasan siswa sangat meningkat mencapai 83% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas hanya mencapai 17%. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa penerapan model Multiliterasi Investigasi dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 1 Benda-benda di lingkungan sekitar subtema 3 Manusia dan lingkungan di kelas V SDN 2 Jayagiri Lembang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Kata Kunci: Model Pembelajaran Multiliterasi Investigasi, Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 05:04 |
Last Modified: | 18 Oct 2017 05:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30960 |
Actions (login required)
View Item |