PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cipeujeuh 01 Kec. Pacet Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

GINA SUHANDANI, 135060296 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cipeujeuh 01 Kec. Pacet Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN CIPEUJEUH 01 Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung 40385 dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah siswa 32 orang siswa penelitian ini didasari oleh kondisi siswa pada saat pembelajaran tema 9 kayanya negeriku subtema 9 pelestarian sumber daya alam di Indonesia kurang bermakna dan hasil belajar siswa yang kurang, serta masih menggunakan metode ceramah dan hanya berpusat pada guru dan masih menggunakan pendekatan tradisional. Guru hanya menggunakan metode ceramah hanya sehingga terjadi pembelajaran satu arah, sehingga kurangnya partisipasi siswa pada proses pembelajaran karena siswa kurang aktif dan kreatif malah cenderung pasif. Dalam hal ini siswa hanya duduk, mendengar, mencatat dan menghafal saja terhadap materi pelajaran. Siswa kurang kerja sama dengan temannya untuk bertukar pikiran. Proses pembelajaran terasa membosankan dan hanya berpusat pada guru (techer centered) yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Masalahmasalah sosial melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri 3 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar diperoleh hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh dan yang menunjukkan adanaya peningkatan hasil belajar dan hasil tes yaitu pada pembelajaran siklus I sebesar 67% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II serta cara berpikir kritis siswa pada siklus I hanya 70% menjadi 85%. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini di rekomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam pembelajaran IPS maupun pembelajaran lainnya sebagai salah satu cara mengatasi masalah – masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 08:08
Last Modified: 17 Oct 2017 08:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30918

Actions (login required)

View Item View Item