PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA KELAS IV

Novia Oktaviani, 135060312 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA KELAS IV. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI .pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (806kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran inkuiri adalah model pembelajaran yang menekankan pada peserta didik sehingga dalam proses pembelajaran terlibat aktif dan dapat memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia dengan menggunakan model inkuiri learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan pembelajaran. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada hasil belajar siswa terdiri dari tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pada ranah kognitif, siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 50% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 72% dengan kategori cukup dan siklus III sebesar 87% dengan kategori baik. Pada ranah afektif siswa yaitu sikap percaya diri, peduli dan tanggung jawab. Pada sikap percaya diri siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 69% dan siklus III sebesar 81%. Pada sikap peduli siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 56%, siklus II sebesar 72% dan siklus III sebesar 84%. Pada sikap tanggung jawab siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 53%, siklus II sebesar 75% dan siklus III sebesar 84%. Dan pada ranah psikomotor yaitu keterampilan mengkomunikasikan siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 59%, siklus II sebesar 72% dan siklus III sebesar 84%. Salah satu kendala dalam penelitian ini yaitu penggunaan waktu yang kurang efisien sehingga untuk mengatasinya hanya mengajukan beberapa pertanyaan dan memberikan informasi secara singkat saja. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia kelas IV SD Negeri Kebontiwu dengan menggunakan model Inkuiri learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Inkuiri Learning, Hasil Belajar, percaya diri, peduli, tanggung jawab

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 08:03
Last Modified: 17 Oct 2017 08:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30917

Actions (login required)

View Item View Item