NETI FITRIYANI, 135060190 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CIPTAHARJA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Ciptaharja Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB III.pdf Download (491kB) | Preview |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka docx.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap percaya diri, peduli, dan tanggung jawab siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Kayanya Negeriku subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Ciptaharja, sebanyak 22 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap percaya diri, peduli, dan tanggung jawab cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB. Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 12 orang atau sebesar 55% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang siswa atau sebesar 45%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang atau sebesar 73% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 6 orang siswa atau sebesar 27%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 21 orang atau sebesar 95% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 1 orang siswa atau sebesar 5%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Kayanya Negeriku subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 07:48 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 07:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30914 |
Actions (login required)
View Item |