PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP

Putri Riyanti, 135050100 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP relatif masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP adalah model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering). Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional; 2) Mengetahui peningkatan selfconfidence siswa yang memperoleh model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dan uji Mann Whitney dengan bantuan software Microsoft Exel dan software SPSS 18.00 for windows. Hasil pnelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional; 2) peningkatan self-confidence siswa yang menggunakan model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) lebih tinggi daripada self-confidence siswa yang menggunakan model konvensional. Dengan demikian model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Model Pembelajaran REACT, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:28
Last Modified: 17 Oct 2017 07:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30909

Actions (login required)

View Item View Item