PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BEAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman Di Kelas IV SD Negeri Rancamalang 1 Kabupaten Bandung)

RANI NOVIANTI, 135060056 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BEAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman Di Kelas IV SD Negeri Rancamalang 1 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar siswa kelas IV disalah satu SD Negeri Rancamalang 1 di Kabupaten Bandung terhadap suatu konsep yang disebabkan anatara lain oleh penerapan model pembelajaran yang kurang tepat, sehingga siswa sulit memahami pesan materi yang disampaikan oleh guru, kemudian siswa lebih paham bilamana materi yang pelajaran dilakukan dengan cara berkelompok dan dilengkapi dengan permainan atau games. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran pada subtema kebersmaan dalam keberagaman dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT), dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT). Parameter utama dari penelitian ini berupa aspek kognitif, afektif dan psikomotor sedangkan parameter penunjang dari penelitian ini adalah siswa kelas IV disalah satu SD Negeri Rancamlang 1 Kabupaten Bandung, yaitu kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa rata-rata 55,7 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata menjadi 82. Aktivitas siswa pada siklus I menunjukan rata-rata sebesar 65 dan pada siklus II rata-ratanya naik menjadi 87. Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Kata Kunci : Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT), Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:15
Last Modified: 17 Oct 2017 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30904

Actions (login required)

View Item View Item