PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Benda-benda di Lingkungan Sekitar Subtema 1 Wujud Benda dan Cirinya di Kelas V SDN 130 Batununggal Sekelimus Bandung Gg. Anyer Kecamatan Bandung Kidul Jl. Terusan Buah Batu, Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018)

Saepul Fadilah, 135060213 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Benda-benda di Lingkungan Sekitar Subtema 1 Wujud Benda dan Cirinya di Kelas V SDN 130 Batununggal Sekelimus Bandung Gg. Anyer Kecamatan Bandung Kidul Jl. Terusan Buah Batu, Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER Ok.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Ok.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Ok.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Ok.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
BAB V Ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (289kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap percaya diri siswa dengan menggunakan model discovery learning pada tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema wujud benda dan cirinya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 130 Batununggal Sekelimus dan dilatar belakangi oleh keadaan siswa yang kurang menunjukan hasil belajar dan sikap percaya diri ketika proses pembelajaran berlangsung, dikarenakan guru dalam proses pembelajaran berlangsung masih menggunakan metode konvesional yaitu metode ceramah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 2 siklus. Dari perencanaan, pelaksanaan, obsesrvasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan, dengan menggunakan model discovery learning yang terdiri dari 6 fase yaitu stimulus/pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pemrosesan data/pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan berupa tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan lembar observasi untuk mengetetahui aktivitas siswa, sikap percaya diri siswa, dokumen guru, dan pelaksanaan pembelajaran Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan postest sedangkan sikap percaya diri menggunakan observasi. Untuk nilai rata-rata hasil belajar setelah menggunakan model discovery learning pada siklus ke I yaitu 74 sedangkan pada siklus ke II yaitu 80. Untuk sikap percaya diri pada siklus ke I sebesar 60%, sedangkan siklus ke II 90%. Hal ini dapat menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema wujud benda dan cirinya. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Sikap Percaya Diri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:14
Last Modified: 17 Oct 2017 07:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30903

Actions (login required)

View Item View Item