PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SD Negeri Sukamaju Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat)

SELVYANA AYU RANIKASARI, 135060256 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SD Negeri Sukamaju Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah peningkatan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik tema 9 makananku sehat dan bergizi subtema makananku sehat dan bergizi di kelas IV SDN Sukamaju Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Sukamaju Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat. Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus atau pemberian rangsangan, pernyataan atau identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolah data, pembuktian, menarik kesimpulan atau generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, penilaian aktivitas dan lembar observer untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian sikap kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata-rata 80 dan hasil belajar siswa nilai rata-rata pada siklus I pada pretest yaitu 65 dan hasil belajar posttest 73 pada siklus siklus II hasil belajar posttest nilai rata-rata 75 sedangkan di siklus II nilai pretest 75 dan pada posttest rata-rata 80 sedangkan di siklus III nilai pretest ratarata 75 dan nilai posttest rata-rata 80. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar peserta didik pada tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi subtema Makananku Sehat dan Bergizi di kelas IV SDN Sukamaju Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat. Kata kunci : Problem based Learning, kerjasama, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:56
Last Modified: 17 Oct 2017 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30895

Actions (login required)

View Item View Item