PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Semester 1 SDN 205 Neglasari Kota Bandung)

VERRA LEDGERIANA SYARIFIDANINGSIH, 135060104 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Semester 1 SDN 205 Neglasari Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III .pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian yang berjudul penggunaan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema perkembangbiakan tumbuhan, yang dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yaitu hasil belajar siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini terjadi karena guru masih sering menggunakan model pembelajaran yang konvensional atau tradisional dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III dengan jumlah 39 orang, yang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan, dan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar peserta didik, yaitu pada ranah kognitif dari Siklus I ketuntasan 36%, Siklus II ketuntasan 56% dan Siklus III Ketuntaan 87%, lalu ranah afektif (percaya diri) dari Siklus I sebesar 47%, Siklus II sebesar 53% dan Siklus III sebesar 96%, dan ranah psikomotor (keterampilan berkomunikasi) dari Siklus I ketuntasan 8%, Siklus II ketuntasann 26% dan Siklus III ketuntasan 100%. Peserta didik juga menunjukkan sikap/respon yang positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan model Project Basaed Learning. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan Sub Tema Perkembangbiakan Tumbuhan di Kelas III SDN 205 Neglasari Kota Bandung. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran project based learning dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran. Kata Kunci: project based learning, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:28
Last Modified: 17 Oct 2017 06:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30880

Actions (login required)

View Item View Item