Ratna Hadiyanti, 135060300 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Tema 1 Subtema Perubahan Wujud Benda di Kelas V SDN Tanjungpura IV Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (789kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (667kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa baik secara pengetahuan, keterampilan dan keaktivan siswa didalam mengikuti kegiatan belajar pada kelas V di SDN Tanjungpura IV, melalui penggunaan model problem based learning. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau yang biasa dikenal sebagai PTK. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Siswa yang yang diteliti berjumlah 50 siswa. Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang disarankan didalam kurikulum 2013. Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah-masalah sebagai landasan permbelajaran, dimana nantinya siswa dilatih untuk mencari informasi dan mengolah data untuk memecahkan permasalahn tersebut. Pada penelitian ini pengumpulan data di ambil dari hasil pre-postest siswa dan hasil observasi. Pada hasil penelitian di kelas V mengalami kenaikan disetiap siklusnya. Pada siklus I permebalajaran 1 didapatkan hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 46% dengan nilai rata-rata nilai yang diperoleh 69,6 dan pada pembelajaran 2 diperoleh hasil belajar siswa dengan ketuntasan siswa sebesar 62% dengan nilai rata-rata 74,4. Pada siklus II pada pembelajaran 3 diperoleh hasil belajar siswa dengan ketuntasan 78% dengan nilai rata-rata yang didapat 77,6, dan pada pemeblajaran 4 diperoleh hasil belajar dengan ketuntasan 84% dengan nilai rata-rata 80,4. Pada siklus III pembelajaran 5 didapat hasil belajar dengan ketuntasan 92% dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 83,6, dan pada pemeblajaran 6 diperoleh hasil belajar siswa dengan ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata siswa 84. Selain pada penilain pengetahuan saja, tetapi pada aspek keterampilan dan kreativitas siswa telah tumbuh dan meningkat disetiap siklusnya. Kata kunci: Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 06:19 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 06:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30874 |
Actions (login required)
View Item |