PENGARUH PENERAPAN METODE CTL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X-JB 3 SMK ICB CINTA WISATA BANDUNG

SANDY MAHARDHIKA, 135020016 (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE CTL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X-JB 3 SMK ICB CINTA WISATA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
03 ABSTRAK 1.pdf

Download (125kB)
[img] Text
04 ABSTRAK 2.pdf

Download (125kB)
[img] Text
05 ABSTRAK 3.pdf

Download (10kB)
[img] Text
12 BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
13 BAB II.pdf

Download (603kB)
[img] Text
14 BAB III.pdf

Download (568kB)
[img] Text
15 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Penerapan Metode CTL Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas X JB-3 SMK ICB Cinta Wisata Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui penerapan metode CTL pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas X JB-3 di SMK ICB Cinta Wisata Bandung. (2) mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas X JB-3 di SMK ICB Cinta Wisata Bandung. (3) mengetahui seberapa besar pengaruh antara penerapan metode CTL terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas X JB-3 di SMK ICB Cinta Wisata Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi, Hipotesis penelitian berbunyi“Terdapat pengaruh antara metode CTL(X) terhadap minat belajar siswa (Y) pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahan", variabel X dan Variabel Y sebesar 0,542 atau 54,2%. Untuk hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut :Y = 7,752 + 0,655 X artinya bahwa setiap metode CTL sebesar 7,752 maka minat belajar meningkat sebesar 0,655. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (metode CTL) terhadap variabel Y (minat belajar), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 54,2% maka sebagian lainnya ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan hipotesis penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada siswa agar meningkatkan kualitas belajarnya, kepada guru agar sebaiknya dapat terus mengembangkan dan menerapkan metode CTL, kepada sekolah agar menyarankan guru untuk menggunakan metode pembelajaran yang variatif, dan kepada praktisi atau peneliti lain di bidang pendidikan agar dapat melakukan penelitian serupa dengan metode yang berbeda sehingga diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan pemahaman pembelajaran pada pokok bahasan selanjutnya. Kata Kunci :metode CTL, MinatBelajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:21
Last Modified: 17 Oct 2017 04:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30867

Actions (login required)

View Item View Item