PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN SIKAP TOLERANSI SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kersamanah I Kabupaten Garut Tahun Ajaran 2017-2018)

KIKI RIZKI MUBAROQ, 135060138 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN SIKAP TOLERANSI SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kersamanah I Kabupaten Garut Tahun Ajaran 2017-2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover okee.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.docx INGGRIS.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.docx sunda.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III pa mukmin.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kersamanah 1 Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 35 orang penelitian ini didasari oleh aktivitas belajar dan sikap toleransi siswa yang relatif rendah,pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode atau pendekatan secara tradisional. Guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran. Pembelajaran terjadi satu arah, sehingga kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran karena siswa kurang aktif dan kreatif malah cenderung pasif dan . Dalam hal ini siswa hanya duduk, mendengar, mencatat dan menghafal saja terhadap materi pelajaran. Siswa kurang memiliki sikap toleransi dengan temannya untuk bertukar pikiran. Proses pembelajaran terasa membosankan dan hanya berpusat pada guru (techer centered) yang berpengaruh terhadap rendahnya aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan aktivitas belajar dan sikap toleransi siswa pada materi Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri dari 3 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar aktivitas belajar serta sikap toleransi siswa dapat meningkat. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh dan yang menunjukkan adanaya peningkatan aktivitas belajar dan siap toleransi siswa yaitu pada pembelajaran siklus I sebesar 29% pada siklus II menjadi 68% dan pada siklus III mencapai 91%. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini di rekomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam meningkatkatkan aktivitas belajar dan sikap toleransi siswa maupun dalam aspek lainya sebagai salah satu cara mengatasi masalah – masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Aktivitas Belajar dan Sikap Toleransi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:16
Last Modified: 17 Oct 2017 04:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30865

Actions (login required)

View Item View Item