PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV B SDN 086 Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung)

ADITYA KUSUMAH HADI, 135060148 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV B SDN 086 Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS .pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA. fulldocx.pdf

Download (174kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan model discovery learning yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap percaya diri serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SDN 086 Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia dengan tema kayanya negeriku. Yang dihadapi pada subtema ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Model discovery learning berguna untuk menumbuhkan sikap percaya diri serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Hopkins dalam Masnur Muslich (2012, hlm. 43). Ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh persiklusnya yaitu : siklus I siswa yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 56% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 44%, siklus II siswa yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 76% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 24%, dan siklus III yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 92% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 8%. Kata kunci : Discovery Learning, Percaya Diri, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:10
Last Modified: 17 Oct 2017 04:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30863

Actions (login required)

View Item View Item