ANGGUN DWI PUTRI, 135060044 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Asmi Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover OK.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.indonesia.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ANGGUN BISMILLAH.pdf Download (548kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Anggun.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V Anggun Acc ya allah.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf Download (35kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema Wujud Benda dan Cirinya pada siswa kelas V SD Negeri Asmi Kota Bandung dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yaitu kurang kreatifnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi monoton dan siswa kurang memahami materi yang telah disampaikan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Selain meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning juga dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu peserta didik pada setiap siklusnya. Untuk hasil belajar siklus I sebesar 64%, siklus II sebesar 80%, dan siklus III sebesar 92%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69,4 (cukup), siklus II sebesar 75,2 (baik), dan siklus III sebesar 85 (sangat baik). Serta peningkatan sikap rasa ingin tahu dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 40%, dan siklus II sebesar 64%, dan siklus III sebesar 92%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 2,93 (baik), siklus II sebesar 3,03 (baik), dan siklus III sebesar 3,48 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sikap rasa ingin tahu pada subtema wujud benda dan cirinya. Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 03:41 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 03:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30849 |
Actions (login required)
View Item |