MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( Penelitian Tindakan Kelas, Kelas IV SD Negeri Cicadas Barat )

Diah Pitaloka, 135060283 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( Penelitian Tindakan Kelas, Kelas IV SD Negeri Cicadas Barat ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDO.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 SUDAH BISMILAH(1).pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II DIAAAHH FIX INSYAALLAH(1).pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III DIAH FIS INSYAALLAH(1).pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB IV DIAH BERES INSYAALAH(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V DIAH BERES INSYALLAH(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan model Problem Based Learning yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cicadas Barat Bandung pada subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru dan tanpa melibatkan siswa sehingga kurang menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar dan siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Model Problem Based Learning berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang di kembangkan Arends dalam Abbas ( 2013:66). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Tes, Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Angket, dan Catatan Lapangan. Berasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak 3 siklus, secara keseluruhan telah menunjukan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh presentase 64.5, siklus II 75, siklus III 95. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh 75, siklus II 85.5 , sikus III memperoleh 95. Adapun hasil pemahaman memperoleh presentase siklus I 65%, Siklus II 80%, siklus III 90%. Untuk hasil belajar siswa yang terdiri dari ranah afektif, kognitif dan psikomotor memperoleh presentase siklus I 67.7%, Siklus II 75%, Siklus III 80%. Untuk hasil angket pada siklus I 68%, siklus II 78%, siklus III 98%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cicadas Barat Kota Bandung pada subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:21
Last Modified: 17 Oct 2017 03:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30844

Actions (login required)

View Item View Item