PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPINGPADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 3

SULTAN TAUFIK, 135030089 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPINGPADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 3. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
0 COVER.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK FIX.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menulis merupakan salah satu aspek penting, dalam proses memperoleh informasi, Metode mind mappingmerupakan cara menarik untuk menstimulasi diskusi yang aktif dan kreatif.. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menulis teks anekdot menggunakan metode mind mappingdi kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) tepatkah penerapan peta pemikiran terhadap kemampuan Menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Pasudan 3 Bandung? 2) peningkatan kemampuan Menulis teks anekdot melalui penerapan peta pemikiran pada siswa kelas X SMK Pasudan 3 Bandung? 3) Tepatkah metode mind mapping digunakan dalam pembelajaran Menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMK Pasudan 3 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut:a) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks anekdotmenggunakan metode mind mappingdi kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran 3,64yang termasuk kategori sangat baik. b) Siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung mampu menulis teksanekdotmenggunakan metode mind mapping.Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 37,3dan nilai rata-rata postes 88,3peningkatan sebesar 51,0. c) Metodemind mappingefektif digunakan dalam pembelajaran menulis teksanekdot. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistic dengan hasil thitung> ttabel yakni 42,5 >2,045 pada taraf signifikansi 5% dan db sebesar 2 6. Pembelajaran menulis teks anekdot menggunakan metode mind mappingberhasil untuk diterapkan di kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran menulis teks anekdot menggunakan metode mind mapping di kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Kata Kunci: Pembelajaran, Menulis, Teks Anekdot, Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:14
Last Modified: 17 Oct 2017 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30843

Actions (login required)

View Item View Item