PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilakukan Di MI Al – Mubarokah Kelas V Semester I Tahun Ajaran 2017/2018)

Kiki Nungdianih, 135060261 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilakukan Di MI Al – Mubarokah Kelas V Semester I Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB II.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 BAB III.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
18 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
20 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa yang masih banyak di bawah KKM, yang disebabkan oleh pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar masih menggunakan metode ceramah, siswa hanya mencatat, dan menerima tugas, sehingga menyebabkan siswa jenuh dan tidak aktif saat proses pembelajaran. Penulis melakukan penelitian ini di MI Al-Mubarokah Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkat hasil b elajar siswa pada subtema manusia dan lingkungan dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), PTK ini berlangsung selama 3 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan RPP sesuai permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, dan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan sintak Discovery Learning, selain itu model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Rencana Pelaksanaan pembelajaran memperoleh siklus I sebanyak 65%, siklus II menjadi 78,5% dan siklus III menjadi 93,5%. Pelaksanaan pemeblajaran memperoleh nilai siklus I sebanyak 69,5, siklus II menjadi 82% dan siklus III menjadi 88%. Hasil belajar kognitif siklus I sebanyak 50%, siklus II menjadi 73% dan siklus III menjadi 88%. Selanjutnya pada ranah afektif siklus I sebanyak 57%, siklus II menjadi 68% dan siklus III menjadi 80%. Selanjutnya pada ranah psikomotor siklus I sebanyak 56%, siklus II menjadi 67% dan siklus III menjadi 84%. Berdasarkan hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning pada subtema manusia dan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:02
Last Modified: 17 Oct 2017 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30840

Actions (login required)

View Item View Item