PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Ciptawinaya Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung)

RICCA NOVITA SARI, 135060129 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Ciptawinaya Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe example non example pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku. Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV SDN Ciptawinaya Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Hasil belajar siswa subtema keberagaman budaya bangsaku masih berjalan secara monoton dan kurang optimal, hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya guru masih menggunakan model konvensional berupa metode ceramah sehingga siswa terlihat tidak aktif dalam pembelajaran karena siswa bukan lagi menjadi subjek pembelajaran melainkan menjadi objek yang pasif. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian sikap percaya diri dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata dari penilaian sikap percaya diri dan hasil belajar. Pada penilaian sikap percaya diri siswa nilai rata-rata siklus I yaitu 52,77 sedangkan pada siklus II mencapai 72,77 dan di siklus III mencapai 75,97. Hasil belajar pada siklus I 48,01 sedangkan pada siklus II 68,80 dan di siklus III mencapai 74,86. Hal ini menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan subtema keb eragaman budaya bangsaku kelas IV SDN Ciptawinaya. Dengan demikian, penggunaan model Cooperative Learning Tipe Example Non Example dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik dengan tema dan subtema yang lainnya. Kata kunci : Cooperative Learning Tipe Examples Non examples, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:01
Last Modified: 17 Oct 2017 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30827

Actions (login required)

View Item View Item