PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Sukamaju Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat Tahun Ajaran 2016 – 2017)

Isti Fera Kusumawati, 135060235 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Sukamaju Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat Tahun Ajaran 2016 – 2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 BAB III.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
18 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
19 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
20 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada umumnya, pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasaan, sehingga menyebabkan siswa jenuh dan tidak aktif saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas di SDN Sukamaju Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkat hasil belajar siswa pada subtema usaha pelestarian lingkungan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), PTK ini berlangsung selama 3 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan RPP sesuai dengan permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, dan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan sintak Discovery Learning,selain itu model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap kerjasama, keterampilan dan hasil belajar. Hal tersebut dapat terlihar dari: pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai 68% siklus II 78% dan siklus III 91%. ) Kedua, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (Siklus I mencapai 68% siklus II 78% dan siklus III 88%). Ketiga, adanya peningkatan sikap kerjasama (Siklus I mencapai 42% siklus II 55% siklus III 85%).Keempat , adanya peningkatan kognitif atau pemahaman siswa (Siklus I mencapai 43% siklus II 66% dan siklus III 85%) Keempat, adanya peningkatan keterampilan (Siklus I mencapai 45% siklus II 74% dan siklus III 82%). Kelima, adanya peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 01:25
Last Modified: 17 Oct 2017 01:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30820

Actions (login required)

View Item View Item