NOVY SARI HANDAYANI, 135060259 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas di kelas V SDN 184 Buah Batu Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
8 ABSTRAK B INGGRIS.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK B INDONESIA.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
9 ABSTRAK B SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
16 BAB I.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
17 BAB II.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
18 BAB III.pdf Download (629kB) | Preview |
|
Text
19 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
20 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
|
Text
21 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada subtema manusia dan lingkungan. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 184 Buah Batu Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas masih kurang variatif. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa kurang aktif di dalam kelas dan kurang antu sias dalam megikuti proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan sikap teliti, kerjasama, percaya diri dan hasil belajar siswa kelas V SDN 184 Buah Batu Bandung yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning pada subtema manusia dan lingkungan. PTK ini terdiri dari 3 siklus pembelajaran sesuai dengan sintak model Problem Based Learning, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil test (posttest), angket dan wawancara. Hasil penelitian men unjukan bahwa dengan mengguanakan model pembelajara Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I sebesar 67%, siklus II sebesar 82,5% dan siklus III menjadi 89%. Hasil belajar pada ranah afektif sikap teliti pada siklus I mencapai 64%, siklus II sebesar 74% dan siklus III meningkat mencapai 82%, sikap kerjasama pada siklus I sebesar 64%, siklus II sebesar 77% dan siklus III meningkat mencapai 85%, sikap percaya diri pada siklus I sebesar 61%, siklus II sebesar 72% dan siklus III meningkat mencapai 82%. Selanjutnya pada ranah kognitif pada siklus I mencapai 64%, siklus II mencapai 74%, dan siklus III meningkat menjadi 85%. Selanjutnya pada ranah psikomotor (keterampilan berkomunikasi) siklus I sebesar 67%, siklus II sebesar 74% dan siklus III meningkat menjadi 85%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema manusia dan lingkungan kelas V SDN 184 Buah Batu Bandung. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan di kelas salah satunya pada subtema manusia dan lingkungan. Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, Subtema Manusia dan Lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 01:20 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 01:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30819 |
Actions (login required)
View Item |