MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Negeri Lemahmukti 1 Karawang Tahun Ajaran 2016/2017)

Risma Amalia Pertiwi, 135060152 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Negeri Lemahmukti 1 Karawang Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa guru jarang menggunakan model pembelajaran, hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Lemahmukti 1. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang dilakukan di dalam kelasnya sendiri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru, sehingga hasil belajar lebih meningkat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 3 siklus, dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa baik itu afektif, kognitif dan psikomotor dari siklus I sampai siklus III. Adapun penilaian afektif atau sikap Pada siklus I terdapat 55% siswa memiliki sikap peduli yang baik, pada siklus II siswa mengalami sedikit peningkatan menjadi 73% dan pada siklus III ini merupakan perbaikan dari siklus II sikap pedui siswa mengalami peningkatan menjadi 87%. Adapun peningkatan Untuk penilaian hasil belajar siswa terdapat 24%siswa yang mencapai KKM, pada siklus II siswa mengalami sedikit peningkatan sebesar 55%Siswa yang Mencapai KKM dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 88% siswa yang mencapai KKM. Adapun untuk penilaian Psikomotor atau keterampilan pada siklus I terdapat 48% siswa yang memiliki keterampilan yang baik, pada siklus II mengalami sedikit peningkatan menjadi 67%, sedangkan untuk siklus ke III tingkat keberhasilan Psikomotor siswa mencapai 94%.Adapun hambatan dalam pembelajaran dengan menggunakan mode PBL adalah membutuhkan waktu yang lam dan upaya untuk mengatasi hambatan guru harus mengkondisikan kelas dengan baik. Berdasarkann hasil penelitian Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian lingkungan di kela V SDN Lemahmukti 1. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian guru bisa menjadikan model PBL sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Pelestarian Lingkungan di kelas V. Kata Kunci : Problem Based Learnimg, Hasil Belajar Siswa, Hambatan dan Upaya

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 12:02
Last Modified: 16 Oct 2017 12:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30812

Actions (login required)

View Item View Item