PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU (Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IV SDN Sukajadi 3 Kecamatan Sukajadi pada Tema Kayanya Negeriku Tahun Ajaran 2016-2017)

HANA ANIDA SABILA, 135060270 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU (Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IV SDN Sukajadi 3 Kecamatan Sukajadi pada Tema Kayanya Negeriku Tahun Ajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover skripsi hana.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak hana.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract hana.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I hana.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II hana.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Hana.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
BAB IV hana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V hana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA hana.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model Problem Besed Learning pada tema Kayanya Negeriku subtema Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Sukajadi 3 kota Bandung dan dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dan nilai hasil tes siswa terhadap pembelajaran tematik, yaitu masih dibawah KKM yang baru mencapai rata-rata 61 sedangkan target yang diharapkan dengan rata-rata pencapaian 80%. Demikian pula cara guru melaksanakan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan belum melaksanakan model pembelajaran Problem Based Learning, sehingga keterlibatan siswa dalam pembelajaran sangat minim. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi dari Hopkins dengan 3 siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dalam setiap siklusnya menerapkan model Problem Based Learning. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes untuk mengetahui keaktifan siswa. Pada siklus I perencanaan mencapai 72%, pelaksanaan 75%, dan evaluasi 45%. Pada siklus II mengalami peningkatan pada perencanaan 82 %, pelaksanaan 82%, dan evaluasi 75% dapat dikategorikan baik. Pada siklus III perencanaan 94%, pelaksanaan 93%, dan evaluasi 92% dapat dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada tema Kayanya negeriku subtema Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia di kelas IV SD Negeri Sukajadi 3 kota Bandung. Kata kunci: model Problem Based Learning, keaktifan, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 10:44
Last Modified: 16 Oct 2017 10:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30799

Actions (login required)

View Item View Item