MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYIMAK CERITA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG DUPLEK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 3 di SDN Sukapura Bandung)

Semi Puspita Aprilian, 135060114 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYIMAK CERITA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG DUPLEK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 3 di SDN Sukapura Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDO.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada pembelajaran mengomentari tokoh-tokoh cerita anak siswa kelas III SDN Sukapura Bandung dengan menggunakan media wayang duplek. Kemampuan menyimak sangat diperlukan, karena dengan kemampuan ini akan berimbas pula pada aktivitas dan hasil belajar siswa, walaupun pada kenyataanya di lapangan kemampuan menyimak tersebut kurang mendapat perhatian. Hal ini berdasar pada anggapan guru, bahwa tanpa diajarkanpun siswa akan bisa sehingga guru belum menemukan media yang tepat untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem selama 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknis tes dan non-tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non-tes untuk mengetahui kinerja guru/peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media wayang duplek dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyimakcerita anak. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan siklus I sampai dengan siklus II, bahwa pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 24 atau sebesar 80% dan pada siklus II ketuntasan siswa 28 atau sebesar 93%. Maka dari itu, penggunaan media wayang duplek cocok digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak cerita anak di kelas III Sekolah Dasar. Hal ini disebabkan siswa lebih mudah menerima informasi dari dari benda nyata dan bergerak dibandingkan dengan melalui suara saja. Dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini bahwa media wayang duplek sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak cerita anak pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III Sekolah Dasar. Kata kunci: Kemampuan menyimak cerita anak, media wayang duplek.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:29
Last Modified: 16 Oct 2017 07:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30780

Actions (login required)

View Item View Item