PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP

Lianti Nur Fathimah, 135050039 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pemecahan masalah adalah tipe belajar tingkat tinggi dan kompleks dibandingkan dengan tipe belajar lainnya. Masalah dalam matematika merupakan persoalan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika karena dapat mengukur tingkat pemecahan masalah siswa itu sendiri. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran Problem Based Learning; dan (2) untuk mengetahui peningkatan Self-Regulated Learning siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah desain kelompok kontrol pretest-posttest. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op dan kelas kontrol pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Bandung. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan angket Self-Regulated Learning siswa. Pengolahan dan analisis data menggunakan bantuan Microsoft Excel dan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran Problem Based Learning; dan (2) peningkatan Self-Regulated Learning siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran Problem Based Learning Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Co-Op Co-Op, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-Regulated Learning Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:24
Last Modified: 16 Oct 2017 06:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30761

Actions (login required)

View Item View Item