PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERORIENTASI PADA GAYA BAHASA HIPERBOLA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS X SMA KEMALA BHAYANGKARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MEGA MESTIKA SARAGIH, 135030054 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERORIENTASI PADA GAYA BAHASA HIPERBOLA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS X SMA KEMALA BHAYANGKARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Pembelajaran Menulis Puisi Berorientasi Pada Gaya Bahasa Hiperbola dengan Menggunakan Model Jigsaw Pada Siswa Kelas X SMAKemala Bhayangkari Tahun Pelajaran 2017/2018”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Seberapa besar kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa hiperbola di kelas X SMA Kemala Bhayangkari dengan tepat?; 2) Seberapa besar kemampuan siswa dalam menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa hiperbola pada siswa kelas X di SMA Kemala Bhayangkari?; 3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa hiperbola untuk siswa kelas X di SMA Kemala Bhayangkari sebelum dan sesudah guru menerapkan model Jigsaw? Penelitian ini menggunakan model penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretest-postest. Populasi penelitian ini t erdiri dari 25siswa yang merupakan siswa kelas X IPA 1 SMAKemala Bhayangkari. Pengumpulan data berupa hasil tes belajar yang dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (tes awal dan tes akhir). Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa hiperbola dengan menggunakan model jigsaw. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3, 7; (2) siswa kelas X IPA SMA Kemala Bhayangkari mampu melaksanakan pembelajaran menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa hiperbola dengan menggunakan model jigsaw.Hal ini dapat terbukti dari hasil tes awal dengan rata-rata 30,6 dan hasil tes akhir dengan rata-rata 73,88. Perbedaan ini menunjukkan selisih 43,28 sehingga menghasilkan peningkatan dari tes awal dan tes akhir sebesar 43,28. Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,01 dengan kategori nilai baik (B); (3) model jigsaw efektif digunakan dalam menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa hiperbola pada siswa kelas X SMA Kemala Bhayangkari. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung >ttabel yakni 4,90>2,34 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan sebesar 24.Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi berorientasi pada gaya gaya bahasa hiperbola dengan menggunakan model jigsaw pada siswa kelas X SMAKemala Bhayangkari terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: pembelajaran menulis puisi, teks puisi,jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 04:27
Last Modified: 16 Oct 2017 04:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30741

Actions (login required)

View Item View Item