PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X LM1 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 20 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Nova Lutfhita Dewi, 135020026 (2017) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X LM1 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 20 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER(1).pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BISMILLAH(5).pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA BISMILLAH.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini berjudul Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X LM1 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sman 20 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017.Dengan latar belakang prestasi belajar ekonomi SMA. Banyak usaha yang dilakukan dalam rangka meningkatkan prestasi tersebut. Salah satu usaha itu adalah melakukan pengajaran dengan menggunakan model snowball throwing. Alasan tersebut diupayakan agar prestasi peserta didik meningkat dan peserta didik lebih aktif dalam memahami pembelajaran. Dengan demikian model ini lebih mengembangkan kemandirian peserta didik untuk bekal dalam kehidupan kelak. Model ini digunakan untuk melihat perbedaan yang signifikan antara prestasi peserta didik yang diajar dengan model snowball throwing dan yang tidak menggunakan model snowball throwing pada peserta didik di SMAN 20 Bandung. Manfaat yang diperoleh adalah secara akademis, praktis dan teoretis.Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 20 Bandung tahun ajaran 2016/2017 yang keseluruhannya berjumlah 85 orang peserta didik terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol dan X LM1 sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas dan terikat, variabel independen (bebas) yaitu menggunakan model Snowball Throwing (X) pada mata pelajaran Ekonomi SMA sedangkan variabel dependen (terikat) adalah hasil belajar (Y) peserta didik kelas X LM1 SMAN 20 Bandung.Berdasarkan hasil penelitian nilai hasil belajar pada kelas eksperimen meningkat dengan tingkat perubahan 0,696 pengujian hipotesis (Uji-t) dapat dilihat bahwa nilai probabilitas signifikansi atau p value-nya adalah 0.000 atau lebih kecil dari 0.05 atau 5% yang artinya hipotesis yang berbunyi model snowball throwing pada mata pelajaran ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik (Y) kelas X LM1 tahun ajaran 2016/2017 di SMAN 20 Bandung dapat diterima. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru untuk menerapkan model snowball throwing dalam kegiatan belajar mengajar karena dapat membantu siswa menjadi aktif, kreatif dan inovatif, bagi siswa agar mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh agar hasil yang diperoleh memuaskan, bagi sekolah sebaiknya penelitian ini dijadikan pedoman oleh lembaga pendidik untuk meningkatkan hasil belajar siswa disekolahnya, bagi FKIP diharapkan lebih baik dalam memberikan pembekalan bagi mahasiswanya mengenai model pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang optimal, sedangkan bagi peneliti selanjutnya alangkah lebih baik meneliti tentang penerapan model snowball throwing pada mata pelajaran lain di kelas yang berbeda pula. Kata kunci: snowball throwing, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 04:23
Last Modified: 16 Oct 2017 04:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30740

Actions (login required)

View Item View Item