GELAR DWI GUSTAMI, 135050020 (2017) PENGARUH MODEL MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. cover skripsi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
5. abstrak.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
6. abstrak inggris.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
7. abstrak sunda.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (599kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA 2.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Mind map merupakan sistem belajar dan berpikir yang menggunakan kedua belah otak; sistem belajar dan berpikir yang menggunakan otak sesuai dengan cara kerja alaminya; sistem belajar dan berpikir yang mengeluarkan seluruh potensi dan kapasitas otak penggunanya yang masih tersembunyi; sistem belajar dan berpikir yang mencerminkan apa yang terjadi secara internal di dalam otak kita saat belajar dan berpikir; sistem belajar dan berpikir yang mencerminkan secara visual apa yang terjadi pada otak anda saat belajar dan berpikir. Pembelajaran dengan model mind mapping adalah pembelajaran dimana siswa membentuk beberapa kelompok untuk mendiskusikan suatu masalah dan membuat mind map pada akhir pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang mendapat pembelajaran mind mapping lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Sumatera 40 Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 (eksperimen) dan XI IPA 1 (kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis, dan angket skala sikap disposisi matematis. Tes yang digunakan adalah tes tipe subjektif (uraian). Cara menganalisis data adalah dengan Software SPSS 16.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran mind mapping lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional dan peningkatan disposisi matematis siswa yang mendapat pembelajaran Mind Mapping lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Pembelajaran dengan Model Mind Mapping, Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 04:01 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 04:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30736 |
Actions (login required)
View Item |