PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 16 BANDUNG

VIVI IKA AYU SAFITRI, 135030133 (2017) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 16 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrack.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Eksplanasi merupakan tulisan yang berisi tentang peristiwa atau kejadian alam maupun sosial. Media audiovisual merupakan media pembelajaran untuk menyajikan suatu informasi yang dapat dilihat dan didengar. Hasil belajar adalah hasil akhir setelah mengalami proses belajar. Sikap peduli adalah sikap yang acuh pada sekitar. Berkaitan dengan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi dengan Media Audiovisual untuk Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Peduli. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah (1) Apakah penulis mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi dengan media audiovisual untuk peningkatan hasil belajar dan sikap peduli pada siswa kelas XI SMAN 16 Bandung?; (2) Apakah siswa kelas XI SMAN 16 Bandung mampu mengikuti pembelajaran memproduksi teks eksplanasi untuk peningkatan hasil belajar dan sikap peduli dengan media audiovisual? dan (3) Apakah media audiovisual efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ekspla nasi untuk peningkatan hasil belajar dan sikap peduli pada siswa kelas XI SMAN 16 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperimen semu dengan teknik penelitian studi pustaka, obeservasi, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya adalah nilai rata-rata hasil perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,67; nilai rata-rata pretes sebesar 33,73 dan nilai rata-rata postes sebesar 58,69, sedangkan selisih pretes dan postes yaitu 25,08. Juga terdapat nilai yang sangat baik dalah ranah sikap peduli yaitu 3,53; terdapat peningkatan pembelajaran dan hasil perhitungan statistik membuktikan t hitung>ttabel , yaitu 12,38>2,06 pada tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan db 25. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran memproduksi teks eksplanasi dengan media audiovisual untuk peningkatan hasil belajar dan sikap peduli pada siswa kelas XI SMAN 16 Bandung, sudah dilaksanakan dan berhasil denga n baik. Kata Kunci: sikap peduli, hasil belajar, media audiovisual, memproduksi, pembelajaran, teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 03:37
Last Modified: 16 Oct 2017 03:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30732

Actions (login required)

View Item View Item