NURYANTI, 135030036 (2017) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS BERFOKUS PADA IDENTIFIKASI FENOMENA SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 . COVER.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAC.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Memproduksi adalah proses kegiatan menciptakan suatu karya dari pengetahuan yang dimiliki. Model Problem Based Learning merupakan model yang mengarahkan peserta didik pada berpikir kritis dan aktif. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian Pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks Berfokus pada Identifikasi Fenomena Sosial dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA PGRI 1 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa dan ketepatan model problem based learning dalam Pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks Berfokus pada Identifikasi Fenomena Sosial dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA PGRI 1 Bandung. Adapun hasil penelitiannya yaitu, (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks berfokus pada identifikasi fenomena sosial dengan menggunakan model problem based learning pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan hasil nilai perencanaan 3,9 dan pelaksanaan sebesar 3,7 (2) Siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung mampu memproduksi teks eksplanasi kompleks berfokus pada identifikasi fenomena sosial dengan tepat. Hal ini terbukti dengan adanya perubahan pretes ke postes yaitu dengan selisih 25, 3 (3) Model problem based learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks berfokus pada identifikasi fenomena sosial pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji statistik > 21,67> 29,03 dalam tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 30. Berdasarkan fakta tersebut, penulis simpulkan bahwa pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks berfokus pada identifikasi fenomena sosial dengan menggunakan model problem based learning pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung telah berhasil. Kata kunci: Memproduksi, model, Problem Based Learning, fenomena sosial, teks eksplanasi kompleks
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 02:57 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 02:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30725 |
Actions (login required)
View Item |