DERIS DWI ANANDA, 135020111 (2017) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI (Sub Tema Kerjasama Ekonomi Internasional Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 26 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Indo.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT inggris.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (184kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini “Penggunaan Media Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi (Sub Tema Kerjasama Ekonomi Internasional Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 26 Bandung)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran mind mapping dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kerjasama ekonomi internasional kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 26 Bandung serta untuk mengetahui pengaruh penggunan media pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 26 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah assosiatif kausal.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 26 Bandung yang berjumlah 33 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan SPSS release 21.0 for Windows. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai media pembelajaran mind mapping sebesar 4,23, sedangkan mengenai aktivitas belajar sebesar 4,19, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap media pembelajaran mind mapping dan aktivitas belajar “Sangat Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh penggunaan media pembelajaran mind mapping yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 0,914%. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 91% terhadap variabel Y dan sisanya 9% dipengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 91% disebabkan oleh indikator variabel X berupa fungsi media pembelajaran dan Langkah-langkah media mind mapping. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran jika memiliki siswa yang cenderung memiliki karakteristik pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik yang dipadukan dengan media pembelajaran mind mapping yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan sebaiknya dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran ekonomi. Kata Kunci: Media Pembelajaran Mind Mapping dan Aktivitas Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Oct 2017 09:07 |
Last Modified: | 14 Oct 2017 09:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30707 |
Actions (login required)
View Item |