Riyan Septian, 135060003 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bhakti Winaya Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
0. Cover.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK BAHASA INDO.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
9. ASBTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I acc.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II acc.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III acc.pdf Download (731kB) | Preview |
|
Text
BAB IV acc.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V acc.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
Text
21. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penggunaan model Inkuiri Sub tema Keberagaman Budaya Bangsaku yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar yang dibagi dalam tiap ranah kognitif dan afektif siswa kelas IV SDN Bhakti Winaya Kota Bandung. Latar belakang Penelitian ini adalah Bahwa Pola pembelajaran yang digunakan oleh guru juga masih bersifat tradisional, guru hanya berfokus pada pengembangan dari aspek kognitif saja, Model Inkuiri berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Hopskin (Mansur Muslich, 2009 hlm 43). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dokumentasi, evaluasi (postest, freetest, Lkpd). Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus (enam kali pertemuan), secara keseluruhan telah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh presentase 70%, siklus II 79% dan siklus III 89%. Selanjutnya data pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh presentase 70%, siklus II 79% dan siklus II 89%. Adapun nilai hasil belajar pada ranah kognitif siklus I memperoleh presentase 52%, siklus II 79%, dan siklus III 89%. Adapun nilai hasil belajar pada ranah afektif siklus I memperoleh presentase 68%, siklus II 75%, dan siklus III 89%. Kata Kunci : Model Inkuiri, Ranah Kognitif, Ranah Afektif, Hasil Belajar, Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku, Tematik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Oct 2017 08:58 |
Last Modified: | 14 Oct 2017 08:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30704 |
Actions (login required)
View Item |