UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema “Indahnya Kebersamaan” Subtema “Keberagaman Budaya Bangsaku” di Kelas IV SD Negeri 8 Badau Tahun Ajaran 2017/2018)

ENNI ERMAWANI, 135060010 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema “Indahnya Kebersamaan” Subtema “Keberagaman Budaya Bangsaku” di Kelas IV SD Negeri 8 Badau Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (215kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas IV Pada Sub tema Keberagaman Budaya Bangsaku Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing” dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan sikap tanggung jawab siswa kelas IV SD Negeri 8 Badau. Hal ini dikarenakan masih kurangnya keterampilan pendidik dalam memilih model, metode dan strategi yang dari waktu ke waktu tidak berkembang. Sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajar pun kurang maksimal. Oleh Karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memberikan peningkatan hasil belajar dan sikap tanggung jawab siswa, salah satunya Model Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap tanggung jawab siswa melalui penerapan Model Inkuiri Terbimbing pada Sub tema Keberagaman Budaya Bangsaku. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam hal ini untuk membangun sikap tanggung jawab dan meningkatkan hasil belajar peneliti menggunakan Model Inkuiri Terbimbing. Adapun hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas IV SD Negeri 8 Badau dengan menggunakan Model Inkuiri Terbimbing menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 59%, siklus II sebesar 86% dan siklus III sebesar 100%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 74 (cukup), siklus II sebesar 85 (baik), dan siklus III sebesar 96 (sangat baik) serta penilaian sikap tanggung jawab siswa yang dilakukan di akhir tindakan mendapat rata-rata nilai 80 (baik) dengan ketuntasan sebesar 100%. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap tanggung jawab siswa pada Sub tema Keberagaman Budaya Bangsaku. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Sikap Tanggung Jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Oct 2017 08:42
Last Modified: 14 Oct 2017 08:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30700

Actions (login required)

View Item View Item