PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV B SDN Bhakti Winaya Bandung Tahun Ajaran 2017/2018)

RIRIN SUGIHARTI, 135060133 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV B SDN Bhakti Winaya Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB I ACC.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB II ACC.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB III ACC.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text
17 BAB IV ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
18 BAB V ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img]
Preview
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan di kelas IV SDN Bhakti Winaya Bandung, yang menunjukkan siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh pendidik dan pendidik masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru dan tanpa melibatkan siswa sehingga kurang menarik minat dan hasil belajar siswa rendah, dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dikelas IV B SDN Bhakti Winaya Bandung. Oleh karena itu peneliti berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning (PBL). Metode penelitian yang dilakukan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang berupa penelitian tindakan kelas (PTK), karena penelitian yang dilakukan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi guru ketika melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Dengan tujuan untuk merefleksi dan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga adanya peningkatan hasil belajar. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV B SDN Bhakti Winaya Bandung dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus I hasil belajar siswa dengan peresentase ketuntasan presentase 67%, siklus II 69%, dan siklus III 86%. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I 64% , siklus II 70%, dan siklus III 88%. Adapun hasil belajar siswa yang terdiri dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Ranah kognitif memperoleh presentase siklus I mencapai 53%%, siklus II mencapai 75% dan siklus III mencapai 87%. Sedangkan untuk ranah afektif siklus I mencapai 70%, siklus II 63%, dan siklus III 63%, dan untuk ranah psikomotor siklus I 87%, siklus II 90%, dan siklus III 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan model Problem Baed Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV SDN Bhakti Winaya Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada model Problem Based Learning (PBL) setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Oct 2017 04:12
Last Modified: 14 Oct 2017 04:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30686

Actions (login required)

View Item View Item