PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

SARAH FAUZIAH, 135050081 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Sampul.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Fauziah, Sarah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar disebabkan siswa yang tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Kemandirian belajar perlu ditanam dan dikembangkan dalam diri siswa, karena melihat peranan kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika sangatlah penting. Salah satu alternatif pembelajarannya yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa adalah model pembelajaran Problem Centered Learning. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP yang menggunakan pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan kemandirian belajar siswa SMP yang menggunakan pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksprimen dengan desain penelitian desain kelompok kontrol pretes postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel diambil dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIF sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan jenis instrumen tes berpikir kreatif matematis dan angket kemandirian belajar siswa . Berdasarkan analisis data dan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa memperoleh pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Peningkatan kemampuan kemandirian belajar siswa memperoleh pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Problem Centered Learning (PCL), Berpikir Kreatif Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Oct 2017 03:36
Last Modified: 14 Oct 2017 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30681

Actions (login required)

View Item View Item