PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS 1 di SMA NEGERI 27 BANDUNG

ULFA RAMADHAN AL MARWAN, 135020014 (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS 1 di SMA NEGERI 27 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover skripsi new.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK PAUL PDF.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK PAUL INGGRIS PDF.rtf.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK PAUL SUNDA PDF.docx.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BISMILLAH BAB 1 PDF.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BISMILLAH BAB 2 PDF.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BISMILLAH BAB 3 PDF.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BISMILLAH BAB 4 PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BISMILLAH BAB 5 PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF (new).pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah pengaruh media pembelajaran mind mapping terhadap minat belajar peserta didik pada pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 27 Bandung tahun ajaran 2016-2017. Berdasarkan tinjauan langsung di SMA Negeri 27 Bandung kelas XI IPS 1, Pembelajaran konvensional (ceramah) hanya membuat peserta didik kurang aktif dan malas dalam menerima materi yang ada, karena pembelajaran hanya terpusat pada apa yang disampaikan sehingga tidak dapat dimengerti secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penggunaan media mind mapping pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 27 Bandung. (2) Mengetahui minat belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 27 Bandung. (3) Mengetahui seberapa besar pengaruh media mind mapping terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 27 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi, Hipotesis penelitian berbunyi “Terdapat pengaruh antara media pembelajaran mind mapping (X) terhadap minat belajar peserta didik (Y) pada mata pelajaran ekonomi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara variabel X dan Variabel Y sebesar 0,336 atau 33,60%. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut : Y = 9.915 + 0.537 X artinya bahwa setiap media pembelajaran mind mapping bertambah 9,915 maka minat belajar meningkat sebesar 0,537. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (media pembelajaran mind mapping) terhadap variabel Y (minat belajar), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 33,60% maka sebagian lainnya ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan hipotesis penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar sebaiknya guru menggunakan variasi media pembelajaran yang menarik berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan, karena cara ini dapat membuat peserta didik aktif dan kreatif untuk belajar. Kepada para praktisi atau peneliti lain di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengan media pembelajaran dan metode yang berbeda agar diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan pemahaman pembelajaran pada pokok bahasan selanjutnya dan kepada pihak sekolah sebagai bahan kajian bagi sekolah dan menyarankan guru untuk menggunakan media pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik untuk mendukung pendekatan saintifik dan media pembelajaran yang baik. Kata Kunci : media pembelajaran mind mapping, minat Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Oct 2017 08:43
Last Modified: 13 Oct 2017 08:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30664

Actions (login required)

View Item View Item