Reni Maryani, 135030136 (2017) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMPN 14 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indo.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Reni.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Reni.pdf Download (264kB) | Preview |
|
Text
BAB IV RENI ASLI.pdf Restricted to Repository staff only Download (919kB) |
||
Text
BAB V RENI.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Deskripsi merupakan salah satu teks yang bertujuan untuk menggambarkan suatu objek. Model Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran berbasis penemuan. Berkaitan dengan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Mengidentifikasi Informasi teks Deskripsi dengan Menggunakan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas VII SMPN 14 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah (1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelaja-ran Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi dengan menggunakan model Discovery Learning pada siswa kelas VII SMPN 14 Bandung?; (2) Apakah siswa kelas VII SMPN 14 Bandung mampu mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi dengan menggunakan model Discovery Learning?; dan (3) Apakah model Discovery Learning efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks deskripsi? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperimen semu dengan teknik penelitian studi pustaka, obeservasi, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya adalah nilai rata-rata hasil perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3.65; nilai rata-rata pretest sebesar 35.86 dan nilai rata-rata posttest sebesar 36.73, sedangkan selisih pretest dan posttest yaitu 0.87; terdapat peningkatan pembelajaran sebesar 2.9% dan hasil perhitungan statistik membuktikan thitung>ttabel, yaitu 19.27>2,04 pada tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan db 29. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran mengidentifikasi informasi teks deskripsi dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas VII SMPN 14 Bandung, sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata Kunci: model discovery learning, mengidentifikasi informasi, pembelajaran, teks deskripsi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 06:27 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 06:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30638 |
Actions (login required)
View Item |