INTAN SA’ADAH SUTIANTI, 135030043 (2017) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI SECARA TULIS ISI TEKS NARASI (CERITA IMAJINASI) YANG DIBACA SECARA LISAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) DI KELAS VII SMPN 1 CIDAUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
6 ABSTRAK INTAN.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (522kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Menceritakan kembali secara tulis isi teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca secara lisan adalah salah satu pembelajaraan yang melatih peserta didik dalam kegiatan menulis. Penulis bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik mengenai proses menceritakan kembali secara tulis isi teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca secara lisan. Permasalahan saat ini ditandai oleh peserta didi k yang sulit dalam menceritakan kembali secara tulis isi teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca secara lisan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen kuasi. Adapun hasil penelitiannya, yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menceritakan kembali secara tulis isi teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca secara lisan dengan menggunakan model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI). Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,76; (2) Peserta didik kelas VII SMPN 1 Cidaun mampu menuliskan kembali secara tulis isi teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca secara lisan. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 18,8, dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 75,16. Jadi, adanya peningkatan 2,25%; (3) Model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) efektif diterapkan dalam pembelajaran pembelajaran menceritakan kembali secara tulis isi teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca secara lisan di kelas VII SMPN 1 Cidaun. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji statistik t hitung ≥ t hitung > t tabel, yaitu 25,82 > 2,08, dalam tingkat kepercayaan 95 % dan derajat kebebasan 24. Berdasarkan fakta tersebut, maka dapat disimpulkan pembelajaran menceritakan kembali secara tulis teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca secara lisan dengan menggunakan model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) berhasil dengan baik. Kata kunci: Menceritakan kembali, model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI), teks narasi (cerita imajinasi)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 03:26 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 03:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30629 |
Actions (login required)
View Item |