PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI SECARA TULIS ISI TEKS NARASI (CERITA IMAJINASI) YANG DIBACA SECARA LISAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) DI KELAS VII SMPN 1 CIDAUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

INTAN SA’ADAH SUTIANTI, 135030043 (2017) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI SECARA TULIS ISI TEKS NARASI (CERITA IMAJINASI) YANG DIBACA SECARA LISAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) DI KELAS VII SMPN 1 CIDAUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK INTAN.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menceritakan kembali secara tulis isi teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca secara lisan adalah salah satu pembelajaraan yang melatih peserta didik dalam kegiatan menulis. Penulis bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik mengenai proses menceritakan kembali secara tulis isi teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca secara lisan. Permasalahan saat ini ditandai oleh peserta didi k yang sulit dalam menceritakan kembali secara tulis isi teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca secara lisan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen kuasi. Adapun hasil penelitiannya, yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menceritakan kembali secara tulis isi teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca secara lisan dengan menggunakan model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI). Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,76; (2) Peserta didik kelas VII SMPN 1 Cidaun mampu menuliskan kembali secara tulis isi teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca secara lisan. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 18,8, dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 75,16. Jadi, adanya peningkatan 2,25%; (3) Model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) efektif diterapkan dalam pembelajaran pembelajaran menceritakan kembali secara tulis isi teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca secara lisan di kelas VII SMPN 1 Cidaun. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji statistik t hitung ≥ t hitung > t tabel, yaitu 25,82 > 2,08, dalam tingkat kepercayaan 95 % dan derajat kebebasan 24. Berdasarkan fakta tersebut, maka dapat disimpulkan pembelajaran menceritakan kembali secara tulis teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca secara lisan dengan menggunakan model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) berhasil dengan baik. Kata kunci: Menceritakan kembali, model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI), teks narasi (cerita imajinasi)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Oct 2017 03:26
Last Modified: 13 Oct 2017 03:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30629

Actions (login required)

View Item View Item