PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS ULASAN KARYA SENI DAERAH YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DI KELAS VIII-E SMP NEGERI 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

DEWI INTAN MARPUAH, 135030108 (2017) PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS ULASAN KARYA SENI DAERAH YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DI KELAS VIII-E SMP NEGERI 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. ABSTRAAK - INDONESIA.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. ABSTRACT - ENGLISH.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. RINGKESAN - SUNDA.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PIKIRAN.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Membaca merupakan salah satu aspek penting dalam proses mempero-leh informasi. Model think pair share merupakan cara menarik untuk menstimu-lasi diskusi yang aktif dan krearif. Berkaitan dengan penjelasan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian “Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Ulasan Karya Seni Daerah yang dibaca dengan Menggunakan Model Think Pair Share di Kelas VIII-E SMP Negeri 2 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menelaah struk-tur dan kebahasaan teks ulasan karya seni daerah yang dibaca dengan menggu-nakan model Think Pair Share di kelas VIII SMP Negeri 2 Bandung?; 2) Mam-pukah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bandung dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan karya seni daerah secara tepat?; dan 3) Efektifkah mo-del Think Pair Share digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur dan keba-hasaan teks ulasan karya seni daerah yang dibaca peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bandung?. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis sebagai berikut; a) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mene-laah struktur dan kebahasaan teks ulasan karya seni daerah yang dibaca dengan menggunakan model think pair share di kelas VIII-E SMP Negeri 2 Bandung. Hasil rata-rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,33 dengan kategori baik; b) Peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 2 Bandung mampu mengikuti pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan karya seni daerah yang dibaca dengan menggunakan model think pair share. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 32,24 dan nilai rata-rata postes 75,86, sedangkan selisih pretes dan postes yaitu sebesar 43,62; dan c) Mo-del think pair share efektif digunakan untuk kelas VIII-E SMP Negeri 2 Bandung dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan karya seni dae-rah yang dibaca. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil me-nunjukkan , yakni 20,07 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 28. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa model think pair share efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan karya seni daerah yang dibaca. Kata Kunci: Pembelajaran, menelaah, struktur, kebahasaan, teks ulasan, karya seni daerah, model think pair share.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:37
Last Modified: 13 Oct 2017 01:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30617

Actions (login required)

View Item View Item