PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS YANG BERORIENTASI PADA STRUKTUR DAN KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RYAN PURNAMA, 135030020 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS YANG BERORIENTASI PADA STRUKTUR DAN KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menganalisis teks prosedur kompleks yang berorientasi pada struktur dan kebahasaan berkaitan dengan keterampilan membaca. Membaca merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang harus diajarkan dan dikuasai siswa di sekolah. Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna pelajaran yang dipelajarinya dengan mengaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Rumusan masalah yang penulis ajukan yaitu: (1) Apakah penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis teks prosedur kompleks yang berorientasi pada struktur dan kebahasaan dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung tahun pelajaran 2017/2018? (2) Apakah siswa kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 mampu menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur kompleks dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning? (3) Apakah model Contextual Teaching and Learning efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur kompleks? Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretes-postes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. Penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis teks prosedur kompleks yang berorientasi pada struktur dan kebahasaan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan dari guru mata pelajaran bahasa Indonesia sebesar 3,54 dengan kategori penilaian baik sekali. Siswa kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung mampu mengikuti pembelajaran menganalisis teks prosedur kompleks yang berorientasi pada struktur dan kebahasaan. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes 26,15 dan nilai rata-rata postes 72. Jadi adanya peningkatan sebesar 45,85. Model Contextual Teaching and Learning (CTL)) efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis teks prosedur kompleks yang berorientasi pada struktur dan kebahasaan. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan statistik dengan hasil t_hitung>t_tabel , yakni 9,13 > 0,07 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan sebesar 15. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penulis berhasil melakukan pembelajaran menganalisis teks prosedur kompleks yang berorientasi pada struktur dan kebahasaan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Menganalisis, Teks Prosedur Kompleks.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2017 03:34
Last Modified: 12 Oct 2017 03:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30581

Actions (login required)

View Item View Item