PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN ISI PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK-PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VII SMP PGII 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ROSDIANA PARHATIN, 135030026 (2017) PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN ISI PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK-PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VII SMP PGII 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II baru.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III baru.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menyimpulkan isi pantun adalah salah satu pembelajaran yang mempermudah siswa dalam proses pengembangan kreativitas dalam mengungkapkan pikiran, perasaan, ide dan memerlukan tingkat pemahaman yang tinggi sehingga mampu mengemukakan kritik dengan tulisan dari pantun serta mampu membaca dan menulis secara efektif. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode quasi eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknik analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran menyimpulkan isi pantun dengan menggunakan metode Think-Pair Share pada siswa kelas VII SMP PGII 2 Bandung. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai perencanaan dan pelaksaan pembelajaran yaitu 3,07. 2) Siswa kelas VII SMP PGII 2 Bandung mampu mengikuti pembelajaran menyimpulkan isi pantun dengan menggunakan metode Think-Pair Share. Hal ini terbukti hasil nilai pretes dengan rata-rata 54,3 dan hasil postes 75,1. Perbedaan ini menunjukkan selisih 75,1 – 54,3 = 20,8. 3) Metode Think-Pair Share cukup signifikan digunakan dalam pembelajaran menyimpulkan isi pantun pada siswa kelas VII SMP PGII 2 Bandung. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan uji statistik, diketahui t hitung > t tabel, yaitu 6,81 > 2,02. Dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 37. Berdasarkan fakta tersebut, penulis simpulkan bahwa pembelajaran telah berhasil. Kata Kunci: menyimpulkan isi, keterampilan membaca, pantun, Think-Pair Share.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2017 03:12
Last Modified: 12 Oct 2017 03:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30578

Actions (login required)

View Item View Item