ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN AQUA VERSI JEPANG

ADITYA YUHARI, 132050300 (2017) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN AQUA VERSI JEPANG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
BAB II (1).docx

Download (70kB)
[img] Text
Cover (2).docx

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK (2).docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I (1).docx

Download (34kB)
[img]
Preview
Image
img003.jpg

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “BAGAIMANA ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN AQUA VERSI JEPANG”. Iklan ini sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat dengan prodik yang sudah mendarah daging dimasyarakat juga ketika mereka ingin minum air dalam kemasan, oleh karena itu banyak sekali pesan di dalam iklan ini yang menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini sebagai syarat ujian sidang strata satu (S1) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Pasundan Bandung, Jurusan Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Humas dan tujuan lain penelitian ini yaitu sebagai pengetahui Makna petanda iklan Aqua versi Jepang. Untuk mengetahui Makna penanda dari iklan Aqua versi Jepang. Untuk mengetahui Realitas Eksternal dari iklan Aqua versi Jepang. Untuk mengetahui pesan yang ada di iklan Aqua versi Jepang. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian kualitatif deskriftif yang mengutamakan wawancara yang mendalam, serta menggunakan teori analisis semiotika dengan teori dukungan yaitu teori konstrusi realitas sosial. Hasil dari penelitian ini Makna penanda yang ada di iklan ini adalah semua kegiatan para karyawan hotel yang sedang menerima tamu dari Jepang. Makna petanda pada iklan ini adalah adanya edukasi bahwa betapa pentingnya meminum air dan menyeimbangkan tubuh dengan asupan air yang cukup karena dunia medis telah membuktikan bahwa dengan kurangnya asupan air minum maka akan menyebabkan kurangnya fokus ketika kita sedang melakukan kegiatan. Realitas eksternal pada iklan aqua versi Jepang ini adalah pada iklan ini digambarkan sebuah cerita singkat di sebuah hotel dengan para karyawan dan tamu dari Jepang, karena kurangnya fokus maka terjadilah hal yang sangat memalukan, hal tersebut juga terjadi karena kurangnya fokus disebabkan karena kurangnya meminum air. Pada kasus ini mungkin memang terjadi pada kejadian nyata kejadian yang serupa pasti pernah terjadi dan mungkin iklan ini terinpirasi dari kejadian nyata dengan kejadian yang serupa. Pesan moral yang ada pada iklan ini adalah pesan berupa edukasi yang sudah teruji melalui penelitian di dunia medis bahwa di tubuh kita mengandung banyak air dan jika kadar air itu tidak memenuhi standar tubuh kita maka kita akan mengakami kurangnya fokus dalam kegiatan kita sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 12 Oct 2017 01:25
Last Modified: 12 Oct 2017 01:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30572

Actions (login required)

View Item View Item