PENERAPAN E-LEARNING SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Karawang Tahun Ajaran 2016/2017)

LUTHFIANA FAJRIN, 135020039 (2017) PENERAPAN E-LEARNING SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Karawang Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini “Penerapan E-learning Serta Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 Di SMA Negeri 1 Karawang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan e-learning dan pemahaman belajar siswa serta untuk mengetahui pengaruh e-learning terhadap pemahaman belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Karawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Karawang yang berjumlah 38 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan SPSS release 21.0 for Windows. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai e-learning sebesar 3,82 termasuk dalam ketegori baik, sedangkan mengenai pemahaman belajar siswa sebesar 3,82 termasuk dalam kategori baik, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap e-learning dan pemahaman belajar “Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh penerapan e-learning yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 0,581. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 58,10% terhadap variabel Y dan sisanya 41,90% dipengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 58,10% disebabkan oleh indikator variabel X berupa tujuan, fungsi dan manfaat e-learning. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran sebagai bahan pertimbangan bagi guru dan sekolah untuk menerapkan media e-learning dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi yang disesuaikan pula dengan materi pembelajaran. Untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa, pendidik dapat menerapkan berbagai media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan siswa sehingga dapat meningkatkann pemahaman belajarnya. Kata Kunci: E-learning dan Pemahaman Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2017 08:34
Last Modified: 11 Oct 2017 08:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30557

Actions (login required)

View Item View Item