PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Tahun Ajaran 2016-2017 SDN Sadu 03 Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung)

Siti Nursantini, 135060131 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Tahun Ajaran 2016-2017 SDN Sadu 03 Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 1.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sadu 03 yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas pada subtema kekayaan sumber energi di Indonesia dengan menggunakan model Discovery Learning. Keadaan siswa yang kurang memiliki sikap percaya diri dan pada hasil belajar yang mencakup aspek afektif, kognitif, dan psikomotor masih banyak yang dibawah KKM karena guru yang sering menggunakan satu metode cenderung monoton dan belum menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian ini di dilaksanakan dalam tiga siklus dengan pembelajaran pada setiap siklus digunakan teknik evaluasi yang digunakan tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan kategori sikap percaya diri siklus 1 kurang dan meningkat menjadi baik pada siklus II. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus III menjadi sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 1 dengan rata-rata 63 meningkat menjadi 68 pada siklus II. Kemudian pada siklus III meningkat pula menjadi 82. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning terbukti dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sadu 03 pada subtema kekayaan sumber energi di Indonesia. Dengan demikian model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran. Kata kunci: Model Discovery Learning, Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 10 Oct 2017 08:23
Last Modified: 10 Oct 2017 08:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30518

Actions (login required)

View Item View Item