PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI RESENSI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NENDEN ANGGI ANGGRAENI, 135030091 (2017) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI RESENSI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak sunda.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan dalam menulis terutama dalam mengonstruksi resensi cerpen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model inkuiri dalam pembelajaran mengonstruksi resensi cerpen. Model inkuiri adalah model pembelajaran yang mempersiapkan siswa pada situasi untuk melakukan eksperimen sendiri sehingga dapat berpikir secara kritis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengonstruksi resensi cerpen dengan menggunakan model inkuiri pada siswa kelas XI SMA Pasundan 4 Bandung tahun pelajaran 2016/2017. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah apakah penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengonstruksi resensi cerpen dengan menggunakan model inkuiri pada siswa kelas XI SMA Pasundan 4 Bandung tahun pelajaran 2016/2017?, apakah siswa kelas XI SMA Pasundan 4 tahun pelajaran 2016/2017 mampu mengonstruksi resensi cerpen dengan tepat?, dan apakah model inkuiri efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran mengonstruksi resensi cerpen pada siswa kelas XI SMA Pasundan 4 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Quasi experiment dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, tes dan analisis. Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukan keberhasilan. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengonstruksi resensi cerpen dengan menggunakan model inkuiri pada siswa kelas XI SMA Pasundan 4 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,66. Kemampuan penulis termasuk kategori (A) sangat baik. Siswa kelas XI SMA Pasundan 4 Bandung mampu mengonstruksi resensi cerpen dengan menggunakan model inkuiri. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretest sebesar 33,99 dan nilai rata-rata posttest 78,19. Nilai tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan sebesar 44,2. Model inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi resensi cerpen. Hal ini, terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung 8,13 > ttabel 2,04 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 29. Dengan demikian penulis menyimpulkan penelitian tersebut menunjukan keberhasilan. Kata Kunci : inquiry learning, kaidah, pembelajaran, teks cerpen, resensi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 06 Oct 2017 02:29
Last Modified: 06 Oct 2017 02:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30328

Actions (login required)

View Item View Item