OKTAVIANE NURIZZAMANI, 135020098 (2017) PENGARUH GAYA MENGAJAR PERSONALISASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS DI SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT BAHASA INGGRIS.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah “PENGARUH GAYA MENGAJAR PERSONALISASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS DI SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG”. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui gaya mengajar personalisasi guru Ekonomi; 2) Mengetahui minat belajar siswa; dan 3) Untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh antara gaya mengajar personalisasi terhadap minat belajar siswa kelas X IIS di SMA Kartika XIX-1 Bandung. Untuk membahas perumusan tersebut di atas, penulis menggunakan metode survei, dengan teknik pengumpulan data: studi pustaka, kuisioner, dan wawancara. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas, dengan teknik pengolahan data analisis korelasi product moment, analisis regresi, dan analisis koefisien determinasi/uji besar pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Gaya mengajar personalisasi yang dimiliki oleh guru Ekonomi di SMA Kartika XIX-1 Bandung memiliki rata-rata 80, hal ini menunjukkan bahwa gaya mengajar personalisasi guru Ekonomi berada dalam kategori “baik”; 2) Minat belajar siswa kelas X IIS di SMA Kartika XIX-1 Bandung pada mata pelajaran Ekonomi memiliki rata-rata 76 yaitu berada dalam kategori “baik”; 3) Terdapat pengaruh yang positif antara gaya mengajar personalisasi guru Ekonomi terhadap minat belajar siswa kelas X IIS di SMA Kartika XIX-1 Bandung. Hal ini berdasarkan pada persamaan regresi Y = 20,317 + 0,610 X. Penulis berkesimpulan bahwa pengaruh gaya mengajar personalisasi terhadap minat belajar siswa sebesar 22,9% yang berarti 22,9% minat belajar siswa ditentukan oleh gaya mengajar personalisasi guru dan 77,1% minat belajar siswa dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diukur. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran bahwa guru sebaiknya mengadakan variasi gaya mengajar agar anak tidak merasa bosan dalam belajar. Salah satunya dengan menggunakan gaya mengajar personalisasi, yakni pengajaran yang dilakukan atas minat, pengalaman, dan pola perkembangan mental siswa. Kata Kunci: Gaya Mengajar Personalisasi, Minat Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Oct 2017 03:43 |
Last Modified: | 05 Oct 2017 03:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30275 |
Actions (login required)
View Item |