PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

SITI AZIZAH NURUL FALAH, 135050075 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan komunikasi matematis siswa ternyata masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah masalah keyakinan diri siswa masih rendah pula, untuk itu dibutuhkan self-efficacy. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Konstruktivisme. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui model pembelajaran PBL dengan pendekatan konstruktivisme lebih baik dari pada yang menggunakan model pembelajaran PBL dan untuk mengetahui peningkatan self-efficacy siswa SMA melalui model pembelajaran PBL dengan pendekatan konstruktivisme lebih baik dari pada yang menggunakan model pembelajaran PBL. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Parongpong tahun ajaran 2016-2017. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas X IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 4 sebagai kelas kontrol SMA Negeri 1 Parongpong sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal-soal kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert. Skala sikap berisikan pernyataan-pernyataan mengenai self-efficacy. Tes diujicobakan terlebih dahulu di kelas XI IPS 3. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk dipakai penelitian, namun ada penambahan soal dan redaksi pada nomor lima agar soal berubah interpretasinya menjadi sukar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 21.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui model pembelajaran PBL dengan pendekatan konstruktivisme lebih baik dari pada yang menggunakan model pembelajaran PBL dan peningkatan self-efficacy siswa SMA melalui model pembelajaran PBL dengan pendekatan konstruktivisme lebih baik dari pada yang menggunakan model pembelajaran PBL. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Self-Efficacy, Problem Based Learning (PBL), Pendekatan Konstruktivisme.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:07
Last Modified: 04 Oct 2017 03:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30204

Actions (login required)

View Item View Item